GAME TEBAK GAMBAR (Hari Kamis 11-01-2018)
MEMBUAT GAME TEBAK GAMBAR
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah static text bertuliskan
Tebak Gambar.
3. Buatlah sebuah static text bertuliskan
Mulai.
4. Buatlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebar sama
dengan static text bertuliskan
Mulai.
5. Seleksi static text bertuliskan
Mulai dan persegi panjang kemudian tekan F8. Pada panel yang
muncul masukkan mulai_btn sebagai name dan button sebagai type lalu
tekan ok.
6. Letakkan seluruh objek di frame 1 seperti gambar di bawah ini :
7. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
|
stop();
benar = 0;
salah = 0;
total_frame = 11;
array_frame = [];
for (i=2; i<=total_frame;
i++) {
array_frame.push(i);
}
array_frame.sort(function ()
{
return random(2) ? 1 : -1;
});
jumlah_frame = array_frame.length;
|
8. Klik kanan frame 2 dan pilih Insert Blank Keyframe.
Pada frame 2 buatlah sebuah static text yang berfungsi sebagai soal dengan
bertuliskan misalnya Lingkaran…
9. Buatlah atau import 4 buah gambar di stage yang berfungsi sebagai jawaban
10. Buatlah sebuah invsible button. Seleksi invsible
button di stage dan tekan Ctrl+D sebanyak 3 kali sehingga
terdapat 4 buah invisble button di stage.
11. Tempatkan dan atur letak ke-empat invisible button
tersebut sehingga menutupi masing masing gambar yang berfungsi sebagai
jawaban tadi.
13. Klik frame 2 dan masukkan script berikut
pada panel actions :
1
|
stop();
|
14. Klik kanan frame 2 dan tekan Copy Frames. Klik
kanan frame 3 dan tekan Paste Frames. Klik kanan frame 4 dan tekan paste
Frame. Lakukan hal yang sama sampai frame 11. Sehingga dari frame 2 sampai
frame 10 berisi copyan dari frame 2.
15. Ubah soal dan jawaban sesuai keinginan anda.
16. Masukkan script berikut pada seluruh invisible
button yang memiliki jawaban benar :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
on (release) {
benar
+= 1;
if (jumlah_frame>=0) {
jumlah_frame--;
gotoAndStop(array_frame[jumlah_frame]);
}
if (jumlah_frame<0) {
gotoAndStop(12);
}
}
|
17. Masukkan script berikut pada seluruh invisible
button yang memiliki jawaban salah :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
on (release) {
salah
+= 1;
if (jumlah_frame>=0) {
jumlah_frame--;
gotoAndStop(array_frame[jumlah_frame]);
}
if (jumlah_frame<0) {
gotoAndStop(12);
}
}
|
18. Klik kanan frame 12 dan pilih Insert Blank
Keyframe.
19. Pada stage di frame 12 buatlah 2 buah static text bertuliskan Benar : dan Salah :.
20. Buatlah 2 buah dynamic text. Tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel properties.
Seleksi salah satu dynamic text tersebut
dan masukkan benar_tampil dalam kotak Var. Seleksi dynamic text yang satunya lagi dan masukkan
salah_tampil dalam kotak Var.
21. Buatlah sebuah static text bertuliskan Main Lagi.
22. Buatlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebar sama
dengan static text bertuliskan Main Lagi.
23. Seleksi static text bertuliskan Main Lagi dan persegi panjang
kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan mainlagi_btn
sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
24. Letakkan seluruh objek di frame 12 seperti gambar
di bawah ini :
1
2
3
|
stop();
benar_tampil = benar;
salah_tampil = salah;
|
26. Seleksi button main_btn di frame 1 dan
masukkan script berikut pada panel actions :
1
2
3
4
|
on (release) {
gotoAndStop(array_frame[jumlah_frame]);
}
|
27. Seleksi button mainlagi_btn di frame 12 dan
masukkan script berikut pada panel actions :
1
2
3
4
5
|
on (release) {
_root.jumlahFrame
= 11;
_root.jumpFrame
= [];
gotoAndStop(1);
}
|
Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
CATATAN:
1. SIMPAN FILE DI FOLDER NAMA KALIAN MASING-MASING
2. BERI NAMA GAME TEBAK GAMBAR
3. KIRIM KE ALAMAT EMAIL yohanesbudinovianto1985@gmail.com
CATATAN:
1. SIMPAN FILE DI FOLDER NAMA KALIAN MASING-MASING
2. BERI NAMA GAME TEBAK GAMBAR
3. KIRIM KE ALAMAT EMAIL yohanesbudinovianto1985@gmail.com
Komentar
Posting Komentar